Sabtu, 09 Mei 2009

http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=AtQhLjonsCip5dt2Ml1rZUfFbRV.;_ylv=3?qid=20090509100819AA0mCrn

OBAT TRADISIONAL

Obat tradisional sudah dikenal sejak lama di beberapa negara, seperti Cina, India, Jerman, Amerika (Indian), Thailan, Jepang, dan negara-negara lainnya . Bahkan di Indonesia, obat tradisional sangat popular. Hal tersebut dapat kita lihat dengan banyak berdirinya perusahaan jamu dan obat tradisional.

Belakangan pun banyak dijumpai, para ahli pengobatan alternatif maupun dokter di Indonesia menyarankan pasien-pasiennya untuk mengkonsumsi obat tradisional sebagai alternatif yang baik untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit.


1. Kelebihan obat tradisional

* Memiliki efek samping yang saling mendukung jika berada dalam satu ramuan dengan komponen yang berbeda
* memiliki efek samping yang relatif rendah
* Pada satu tanaman memiliki lebih dari satu efek farmakologi serta lebih sesuai untuk penyakit-penyakit yang diakibatkan pertukaran zat di dalam tubuh dan keturunan.


2. Kekurangan obat tradisional

* Takaran harus tepat.Jika tidak tepat, obat tradisional bisa tidak aman bagi tubuh dan kesehatan manusia.
* Harus tepat memilih jenis obat sesuai dengan riwayat kesehatan masing-masing, sehingga tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan jiwa.


3. Bahan baku obat tradisional

Bahan baku obat tradisional bisa didapatkan dari hewan maupun tumbuhan. Namun, sumber obat tradisional yang banyak dikembangkan berasal dari tumbuhan. Sebab, tumbuhan mudah dibudidayakan, ramah lingkungan, dan hampir seluruh bagian yang terdapat pada tumbuhan (mulai dari akar, umbi, batang, kulit, daun, biji, dan bunga)berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit.


4. Mengembangkan Tanaman obat

Masyarakat, baik secara perorangan maupun secara institusi, sudah mulai melongok ke obat tradisional dengan megembangkan budi daya tanaman obat. Salah satu institusi yang konsentrasi terhadap pengembangan dan penelitian tanaman obat adalah KaryaSari yang beralamat di Jl. Raya Karacak Km 10, Karyasari Village, Leuwiliang, Bogor.Di sana, terdapat Kebun Obat KaryaSari. Kebun ini terbuka bagi umum yangberminat untuk berwisata herbal (tanaman obat).


5. Cara memilih obat tradisional

Obat tradisional sudah banyak yang dikemas dalam bentuk kapsul, jamu, tablet, obat gosok, krim atau cemilan. Namun tentu saja,kita harus selektif memilihnya sebab banyak obat tradisional di pasaran yang sudah dicampur dengan bahan-bahan kimia berbahaya. Ada baiknya juga, kita berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau ahli tanaman obat untuk memastikan bahwa obat tradisional yang kita peroleh aman untuk dikonsumsi.

Adapun obat yang terjamin kualitasnya berasal dari kebun tanaman obat yang tetap dan menggunakan teknologi standar yang menjamin mutu bahan baku dan proses penanaman dan pengolahannya tetap terjaga. Selain itu, khasiat obat ditentukanjuga oleh kandungan kimiawi bahan bakunya (tanaman obat).


6. Cara mengkonsumsi obat tradisional

* Dosis tepat
* Cara penggunaan tepat
* Waktu mengkonsumsi tepat
* Pemilihan bahan baku tepat sesuai dengan penyakit yang diderita
* Bahan baku obat benar dan tepat


7. Macam-macam dan kegunaan obat-obat tradisional

Di bawah ini beberapa obat tradisional berserta keterangan kandungan, manfaat, dan catatan penting yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsinya.

Pagagan

Kandungan : asiatikosida, brahmic acid, Na, Ca, Fe, Gula, Vitamin B, Karotenoid, Garam, Tatin, Resin, Mucilage, Centellose, dan lain-lain

Manfaat : mengatasi maag, hipertensi, stroke, memberikan nutrisi otak, mempercepat penyembuhan luka, mempercepat proses detoksifikasi, pencegah flu burung, lepra, campak, hepatitis, amandel, cacingan, mengatasi demam, dan lain-lain.

Temulawak

Kandungan : kurkumin dan minyak atsiri (phelandren, kamfer, borneol, xanthorrhizol, Turmerol, dan Sineal).

Manfaat : meningkatkan nafsu makan, menurunkan panas, membersihkan darah, merangsang produksi ASI, antiradang, melancarkan air seni, membunuh kuman, dan anti keracunan empedu.

Minyak Ikan

Kandungan : sumber EPA dan DHA, Asam Omega 3.

Manfaat : mencegah penyumbatan pembuluh darah, untuk pertumbuhan dan perawatan jaringan tubuh, melancarkan peredaran darah, mengurangi faktor penyebab cardiovaskular serta menurunkan kolesterol, membantu meningkatkan kecerdasan otak janin, mengurangi resiko penyakit jantung, meningkatkan nafsu makan anak, dan lain-lain.

Catatan : tidak disarankan mengkonsumsi minyak ikan secara berlebihan karena akan menurunkan kadar vitamin E, menyebabkan keracunan Vitamin A dan Vitamin D pada tubuh.

SINOPSIS:
Obat tradisional sangat bermanfaat bagi pencegahan penyakit dan penyembuhan penyakit. Namun tentu saja, kita harus memerhatikan cara-cara mengkonsumsi yang benar dan tepat agar manfaat obat tradisional bisa dirasakan dengan optimal dan tidak membahayakan jiwa dan tubuh manusia.

Mekanisme Infeksi Virus H1N1

Flu babi (Swine Influenza) akibat virus H1N1 yang diduga dari meksiko saat ini sudah menelan banyak korban. Penyebarannya semakin ekspansif dan sudah menjelajah ke semua benua. Alat transportasi moderen serta tingginya mobilisasi manusia antarnegara maupun antarbenua juga mempercepat penyebaran virus ini. Bagaimana virus ini bisa mudah menyerang manusia? Bukankah virus ini berasal dari babi? Pada pembahasan kali ini penulis akan menjelaskan mekanisme biomolekuler virus H1N1 pada manusia serta dampaknya terhadap kesehatan manusia.

Sebelum membahas mekanisme infeksinya, maka penulis akan menjelaskan genetika virus H1N1. Virus ini memiliki materi genetik berupa RNA. Sehingga untuk mengendalikan sistem DNA inang, maka materi genetik tersebut harus diubah menjadi DNA terlebih dahulu dengan bantuan enzim reverse transkriptase yang sudah tersedia dalam tubuh virus. Setelah menjadi DNA, maka materi genetik yang berupa DNA tersebut akan bergabung dengan DNA manusia untuk membentuk virus-virus yang baru melalui mekanisme sintesis protein.

Mekanisme virus H1N1 yang menyerang sistem respirasi manusia pada dasarnya melalui beberapa tahapan yang membentuk siklus, yaitu: 1)Perlekatan, 2)Penetrasi, 3)Endositosis, 4)Pelepasan materi genetik, 5)Transkripsi, 6)Perakitan, dan 7)Pelepasan (Gambar 1).


Gambar 1. Siklus infeksi virus H1N1

Tahapan perlekatan merupakan tahapan awal mula virus masuk kedalam sel. Tahapan ini melibatkan reseptor sel inang (Reseceptor Binding Site/RBS). Reseptor sel yang berperan dalam infeksi virus flu tersusun atas glikoprotein atau glikolipid yang mengandung gugus terminal sialyl-galactosyl [Neu5Ac(α 2,3)Gal] atau [Neu5Ac(α 2,6)Gal]. Kedua reseptor tersebut biasanya disebut α 2,3 asam sialat/sialic acid atau α 2,6 asam sialat/sialic acid (Thomson et al., 2006). Pada virus avian influenza (AI), haemaglutinin virus cenderung berikatan dengan α 2,3 asam sialat sedangkan virus flu manusia berikatan dengan α 2,6 asam sialat. Pada kasus flu burung, haemaglutinin virus AI terdapat kemungkinan perubahan akibat mutasi yang menyebabkan kompabilitas dengan reseptor α 2,6 asam sialat pada manusia. Sementara pada babi ditemukan dua jenis reseptor yaitu α 2,3 asam sialat dan α 2,6 asam sialat. Hal ini dapat menimbulkan adanya kemungkinan rearsosi genetik (mixing vesel) antara virus influenza antara unggas dengan virus asal manusia pada tubuh babi.

Setelah haemaglutinin virus H1N1 berikatan dengan RBS sel inang (hospes), maka virus akan masuk melalui fusi envelope virus dengan membran endosomal sel inang. Proses ini memerlukan bantuan protease sel inang untuk mengaktivasi prekusor hemaglutinin (HAo) menjadi fragmen 1 (HA1) dan fragmen 2 (HA2) yang dapat menyebabkan virus melepaskan ribonukleoproteinnya ke dalam sel inang, akibatnya akan terjadi replikasi di dalam sel inang.

Tahapan selanjutnya adalah pelepasan materi genetik yang kemudian diikuti dengan proses transkripsi menjadi RNAm (RNA messenger) yang siap untuk ditranslasi menjadi bagian-bagian tubuh virus. Tahapan ini membutuhkan mekanisme kaskade yang melibatkan protein kinase, yaitu ERK 1/2 (Extracellulear-signal Regulated Kinase 1 dan 2) melalui jalur Ras–Raf–MEK–ERK (Gambar 2). ERK ini berperan dalam tahap akhir replikasi virus, yaitu pada saat pengiriman ribonukleoprotein (RNP) yang telah direplikasi di nukleus sel inang ke sitosol pada saat fase perakitan. Bagian virus H1N1 yang mengaktivasi ERK adalah hemagglutinin (HA) yang terakumulasi di membran sel pada tahap perakitan. Hemagglutinin menempel pada Lipid Rafts dan kemudian mengaktivasi kaskade ERK melalui PKC (Protein Kinase C). Kondisi ini akan mempercepat pertumbuhan virus H1N1 melalui proses transkripsi gen.


Gambar 2. Jalur transduksi ERK (sumber gambar: www-ermm.cbcu.cam.ac.uk)

Usai mengalami perakitan virus H1N1, maka virus tersebut akan dilepaskan melalui proses penguncupan (budding) yang selanjutnya akan menginfeksi sel-sel yang lain.

Flu Babi (Swine Influenza)

Kemarin saya melihat berita tentang flu babi yang saat ini sedang menyerang negara Meksiko dan Amerika. Bahkan pemerintah Amerika telah menetapkan status darurat kesehatan publik, status yang biasa digunakan saat menangani bencana alam seperti topan atau badai. Penyakit ini sekarang mulai merambah New Zealand, Kanada, and Israel.

Hmmm.. lagi-lagi heboh penyakit flu. Penyakit satu ini memang selalu menjadi ‘teman setia’ mungkin sejak awal manusia diciptakan. Kalau dihitung-hitung, penyakit yang paling sering menyerang manusia dari kecil sampai dewasa adalah Flu.

Kemarin flu burung.. baru saja kita dihebohkan flu singapura, sekarang flu babi.. Sebetulnya apa sih penyakit flu babi ini? Apa ini jenis Flu baru? Kenapa dinamakan babi? Apa hubungannya dengan penyakit flu lainnya?? Yuk cari tahu...

Seperti penyakit flu lainnya, flu babi juga disebabkan oleh virus flu. Penyakit ini disebabkan oleh virus Orthomyxo yang merupakan famili dari virus RNA yang terdiri dari lima jenis, virus influensa A, virus influensa B, virus influensa C, virus Thogoto, dan virus Isa. Tiga jenis virus pertama adalah virus yang bertanggung jawab terhadap penyakit flu, namun hanya virus influensa A dan B yang umumnya menyebabkan flu pada manusia, sedangkan virus influensa C hanya menyerang hewan dan jarang menyerang manusia.

Awalnya virus ini hanya menyerang babi. Namun kerena mengalami mutasi membentuk strain virus baru maka virus ini dapat menyerang manusia. Flu babi yang biasa disebut swine influenza ini dikategorikan masuk virus influensa A dan C. Virus yang menyerang manusia disebabkan oleh virus influensa A subtipe H1N1, H1N2, H3N1, H3N2 dan H2N3. Sedangkan virus yang menyerang Meksiko dan Amerika kali ini adalah virus subtipe H1N1.



Gambar1. Virus Influensa A

Strain virus dikarakterisasikan berdasarkan dua macam protein yang terdapat pada permukaan virus. Dua macam protein tersebut adalah Neuraminidase dan Hemagglutinin. Kedua protein ini terdapat di permukaan virus layaknya paku-paku yang menancap. Dan kira-kira 80% nya adalah hemagglutinin, protein trimerik yang berfungsi dalam proses penyerangan virus ke sell tuan rumah. Sedangkan 20 %-nya terdiri dari neuraminidase, yang diperkirakan terlibat dalam pelepasan partikel virus baru dari cell host. Bagian dalam sell mengandung RNA yang merupakan kode genetik untuk proses replikasi.

Sebetulnya flu babi bukanlah penyakit baru. Flu babi menginfeksi manusia setiap tahun dan ditemukan pada orang yang biasa kontak dengan babi. Flu yang telah menyerang manusia dapat ke manusia lainnya.

Gejala yang disebabkan virus ini mirip dengan gejala penyakit flu biasa. Demam, lesu, hilang nafsu makan, dan batuk. Pada beberapa orang hidung berlendir (ingus), sakit tenggorokan, mual, dan diare. Penyebaran flu antar manusia melalui batuk, bersin, dan menyentuh benda yang telah disentuh penderita.

Obat yang biasa diberikan untuk flu babi adalah obat yang mendapat lisensi di USA seperti amantadine, rimantadinem oseltamivir, dan zanamivir. Namun pada kasus flu babi kali ini obat yang direkomendasikan digunakan adalah oseltamivir dan zanamivir.

Virus flu adalah virus yang sangat mudah mengalami mutasi. Biologi molekuler dari virus influenza sangat kompleks dan full mekanisme-nya masih belum jelas seluruhnya. Meski begitu, para ahli sudah menyadari bahwa vaksin anti influenza yang efektif tidak akan dapat dikembangkan karena proses mutasi sang virus yang sangat cepat. Sekali vaksin telah berhasil diciptakan untuk satu jenis virus, virus tersebut dengan cepat akan bermutasi dan menjadi resistan. Vaksin terus diproduksi untuk virus-virus A dan B yang telah diketahui, meskipun strain baru dari virus tersebut masih bisa menginfeksi orang-orang yang telah di beri vaksinasi. Inilah mengapa virus influensa seringkali menjadi wabah pendemik yang luas.



Gambar 2. Perkembangan mutasi virus influensa

Jumat, 01 Mei 2009

Bencana Lubang Ozon

Lapisan ozon melindungi kehidupan di Bumi dari radiasi ultraviolet Matahari. Namun semakin membesarnya lubang ozon di kawasan kutub Bumi akhir-akhir ini sungguh mengkhawatirkan. Bila tidak segera diantisipasi maka akan menimbulkan bencana lingkungan yang luar biasa. Upaya yang dilakukan selama 20 tahun terakhir ternyata tidak mampu menekan laju kerusakan lapisan ozon. Luas lubang ozon (ozone hole) di atas benua antartika pernah mencapai rekor pada september 2003, yaitu sebesar 29 juta km persegi.

Sebagai manusia dan sebagai khalifah Allah SWT di muka bumi kita mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melestarikannya. Kita dapat berpatisipasi aktif memulihkan kerusakan lapisan ozn dengan tidak memakai peralatan yang menggunakan zat-zat penghancur lapisan ozon, misalnya freon dan halon. Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan produsen elektronik untuk membuat kulkas dan pendingin ruangan tanpa bantuan gas freon.

Indikasi kerusakan ozon pertama kali ditemukan oleh tim peneliti Inggris, British Antartic Survey (BAS), di benua Antartika pada tahun 1970. Lima belas tahun kemudian hasil pantauan menyimpulkan kerusakan ozon di lapisan stratosfer pada ketinggian sekitar 20 km menjadi begitu sangat parah.

Meluasnya kawasan lubang ozon ditandai dengan semakin meningkatnya radiasi ultraviolet Matahari di kawasan yang tidak lagi mendapat payung dari lapisan ozon. Paparan sinar ultraviolet dalam dosis tinggi dapat menyebabkan kanker kulit, katarak serta kerusakan lingkungan dipermukaan bumi. Bila penipisan lapisan ozon tetap berlanjut dengan laju seperti saat ini maka sudah dapat dipastikan kalau musnahnya seluruh kehidupan di Planet Bumi.

Apabila kerusakan ozon sudah merambah ke wilayah lain, maka sudah dapat dipastikan kalau manusia terserang penyakit secara masal dan kita akan sangat terganggu dengan segalah aktifitas kita sehari-hari, karena kita diharuskan untuk tidak terkena sinar matahari. Tanaman juga akan terganggu pertumbuhannya bila terkena radiasi sinar ultraviolet dosis tinggi. Selain itu, lambat laun kesuburan tanah akan terkikis karena radiasi sinara ultraviolet yang secara efektif membunuh berbagai mikro organisme di permukaan tanah. Akibatnya jelas, manusia akan kesulitan memenuhi kebutuhan pangan.

Sumber : Jelajah iptek

Edited : Rudin lapandewa

Imam Bukhori r.a.

(194-256H/810-870 M)
Imam Bukhori adalah salah satu dari enam tokoh penghimpun hadits sahih yang paling terkenal, yaitu: Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Abu Daud, Imam Tirmizi, Imam Nasa’i, dan Imam Ibn Majah.
Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Muhammad ibn Ismail ibn Ibrahim ibn al-Mughirah ibn Bardizbah. Abu Abdullah Muhammad ibn Ismail, terkenal kemudian sebagai Imam Bukhari, lahir di Bukhara pada 13 Syawal 194 H (21 Juli 810 M), cucu seorang Persia bernama Bardizbah. Kakeknya, Bardizbah, adalah pemeluk Majusi, agama kaumnya. Kemudian putranya, al-Mughirah, memeluk Islam di bawah bimbingan al-Yaman al Ja’fi, gubernur Bukhara. Pada masa itu Wala dinisbahkan kepadanya. Karena itulah ia dikatakan “al-Mughirah al-Jafi.”
Ayah beliau, Ismail, seorang ulama besar ahli hadits. Ia belajar hadits dari Hammad ibn Zayd dan Imam Malik. Riwayat hidupnya telah dipaparkan oleh Ibn Hibban dalam kitab As-Siqat, begitu juga putranya, Imam Bukhari, membuat biografinya dalam at-Tarikh al-Kabir. Ayah Bukhari disamping sebagai orang berilmu, ia juga sangat wara’ (menghindari yang subhat/meragukan dan haram) dan takwa. Diceritakan, bahwa ketika menjelang wafatnya, ia berkata: “Dalam harta yang kumiliki tidak terdapat sedikitpun uang yang haram maupun yang subhat.” Dengan demikian, jelaslah bahwa Bukhari hidup dan terlahir dalam lingkungan keluarga yang berilmu, taat beragama dan wara’. Tidak heran jika ia lahir dan mewrisi sifat-sifat mulia dari ayahnya itu.
Ia dilahirkan di Bukhara setelah salat Jum’at. Tak lama setelah bayi yang baru lahr itu membuka matanya, iapun kehilangan penglihatannya. Ayahnya sangat bersedih hati. Ibunya yang saleh menagis dan selalu berdo’a ke hadapan Tuhan, memohon agar bayinya bisa melihat. Kemudian dalam tidurnya perempuan itu bermimpi didatangi Nabi Ibrahim yang berkata: “Wahai ibu, Allah telah menyembuhkan penyakit putramu dan kini ia sudah dapat melihat kembali, semua itu berkat do’amu yang tiada henti-hentinya.” Ketika ia terbangun, penglihatan bayinya sudah normal. Ayahnya meninggal di waktu dia masih kecil dan meninggalkan banyak harta yang memungkinkan ia hidup dalam pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Dia dirawat dan dididikl oleh ibunya dengan tekun dan penuh perhatian.
Keunggulan dan kejeniusan Bukhari sudah nampak semenjak masih kecil. Allah menganugerahkan kepadanya hati yang cerdas, pikiran yang tajam dan daya hafalan yang sangat kuat, teristimewa dalam menghafal hadits. Ketika berusia 10 tahun, ia sudah banyak menghafal hadits. Pada usia 16 tahun ia bersama ibu dan abang sulungnya mengunjungi berbagai kota suci. Kemudian ia banyak menemui para ulama dan tokoh-tokoh negerinya untuk memperoleh dan belajar hadits, bertukar pikiran dan berdiskusi dengan mereka. Dalam usia 16 tahun, ia sudah hafal kitab sunan Ibn Mubarak dan Waki, juga mengetahui pendapat-pendapat ahli ra’yi (penganut faham rasional), dasar-dasar dan mazhabnya.
Rasyid ibn Ismail, abangnya yang tertua menuturkan, pernah Bukhari muda dan beberapa murid lainnya mengikuti kuliah dan ceramah cendekiawan Balkh. Tidak seperti murid lainnya, Bukhari tidak pernah membuat catatan kuliah. Ia dicela membuang waktu dengan percuma karena tidak mencatat. Bukhari diam tidak menjawab. Pada suatu hari, karena merasa kesal terhadap celaan yang terus-menerus itu, Bukhari meminta kawan-kawannya membawa catatan mereka. Tercenganglah mereka semua karena Bukhari ternyata hapal di luar kepala 15.000 haddits, lengkap terinci dengan keterangan yang tidak sempat mereka catat.
Tahun 210 H, Bukhari berangkat menuju Baitullah untuk menunaikan ibadah haji, disertai ibu dan saudaranya, Ahmad. Saudaranya yang lebih tua ini kemudian pulang kembali ke Bukhara, sedang dia sendiri memilih Mekah sebagai tempat tinggalnya. Mekah merupakan salah satu pusat ilmu yang penting di Hijaz. Sewaktu-waktu ia pergi ke Madinah. Di kedua tanah suci itulah ia menulis sebagian karya-karyanya dan menyusun dasar-dasar kitab Al-Jami’as-Sahih dan pendahuluannya.
Ia menulis Tarikh Kabir-nya di dekat makam Nabi s.a.w. dan banyak menulis pada waktu malam hari yang terang bulan. Sementara itu ketiga buku tarikhnya, As-Sagir, Al-Awsat dan Al-Kabir, muncul dari kemampuannya yang tinggi mengenai pengetahuan terhadap tokoh-tokoh dan kepandaiannya memberikan kritik, sehingga ia pernah berkata bahwa sedikit sekali nama-nama yang disebutkan dalam tarikh yang tidak ia ketahui kisahnya.
Kemudian ia pun memulai studi perjalanan dunia Islam selama 16 tahun. Dalam perjalanannya ke berbagai negeri, hampir semua negeri Islam telah ia kunjungi sampai ke seluruh Asia Barat. Diceritakan bahwa ia pernah berkata: “Saya telah mengunjungi Syam, Mesir, dan Jazirah masing-masing dua kali, ke basrah empat kali, menetap di Hijaz (Mekah dan Madinah) selama enam tahun dan tak dapat dihitung lagi berapa kali saya mengunjungi Kufah dan Baghdad untuk menemui ulama-ulama ahli hadits.” Pada waktu itu, Baghdad adalah ibu kota negara yang merupakan gudang ilmu dan ulama. Di negeri itu, ia sering menemui Imam Ahmad bin Hambal dan tidak jarang ia mengajaknya untuk menetap di negeri tersebut dan mencelanya karena menetap di negeri Khurasan. Dalam setiap perjalanannya yang melelahkan itu, Imam Bukhari senantiasa menghimpun hadits-hadits dan ilmu pengetahuan dan mencatatnya sekaligus. Di tengah malam yang sunyi, ia bangun dari tidurnya, menyalakan lampu dan menulis setiap masalah yang terlintas di hatinya, setelah itu lampu di padamkan kembali. Perbutan ini ia lakukan hampir 20 kali setiap malamnya. Ia merawi hadits dari 80.000 perawi, dan berkat ingatannya yang memang super jenius, ia dapat menghapal hadits sebanyak itu lengkap dengan sumbernya.
Kemasyuran Imam Bukhari segera mencapai bagian dunia Islam yang jauh, dan kemanapun ia pergi selalu di elu-elukan. Masyarakat heran dan kagum akan ingatanya yang luar biasa. Pada tahun 250 H. Imam Bukhari mengunjungi Naisabur. Kedatangannya disambut gembira oleh para penduduk, juga oleh gurunya, az-Zihli dan para ulama lainnya. Imam Muslim bin al-Hajjaj, pengarang kitab as-Sahih Muslim menceritakan: “Ketika Muhammad bin Ismail dating ke Naisabur, aku tidak pernah melihat seorang kepala daerah, para ulama dan penduduk Naisabur memberikan sambutan seperti apa yang mereka berikan kepadanya.” Mereka menyambut kedatangannya dari luar kota sejauh dua atau tiga marhalah (± 100 km), sampai-sampai Muhammad bin Yahya az-Zihli berkata: “Barang siapa hendak menyambut kedatangan Muhammad bin Ismail besok pagi, lakukanlah, seebab aku sendiri akan ikut menyambutnya. Esok paginya Muhammad bin Yahya az-Zihli, sebagian ulama dan penduduk Naisabur menyongsong kedatangan Imam Bukhari, ia pun lalu memasuki negeri itu dan menetap di daerah perkampungan orang-orang Bukhara. Selama menetap di negeri itu, ia mengajarkan hadits secara tetap. Sementara itu, az-zihli pun berpesan kepada para penduduk agar menghadiri dan mengikuti pengajian yang diberikannya. Ia berkata: “Pergilah kalian kepada orang alim yang saleh itu, ikuti dan dengarkan pengajiannya.”
Tak lama kemudian terjadi fitnah terhadap Imam bukhari atas perbuatan orang-orang yang iri dengki. Mereka meniupkan tuduhannya kepada Imam Bukhari sebagai orang yang berpendapat bahwa “Al-Qur’an adalah makhluk.” Hal inilah yang menimbulkan kebencian dan kemarahan gurunya, az-Zihli kepadanya, sehingga ia berkata: “Barang siapa berpendapat lafadz-lafadz Al-Qur’an adalah makhluk, maka ia adalah ahli bid’ah. Ia tidak boleh diajak bicara dan majelisnya tidak boleh di datangi. Dan barang siapa masih mengunjungi majelisnya, curigailah dia.” Setelah adanya ultimatum tersebut, orang-orang mulai menjauhinya. Pada hakikatnya, Imam Bukhari terlepas dari fitnah yang dituduhkan kepadanya itu. Diceritakan, seorang berdiri dan mengajukan pertanyaan kepadanya: “Bagaimana pendapat Anda tentang lafadz-lafadz Al-Qur’an, makhluk ataukah bukan?” Bukhari berpaling dari orang itu dan tidak mau menjawab kendati pertanyaan itu diajukan sampai tiga kali. Tetapi orang tersebut terus mendesaknya, maka ia menjawab: “Al-Qur’an adalah kalam Allah, bukan makhluk, sedangkan perbuatan manusia adalah makhluk dan fitnah merupakan bid’a.” Yang dimaksud dengan perbuatan manusia adalah bacaan dan ucapan mereka. Pendapat yang dikemukakan Imam Bukhari ini, yakni dengan membedakan antara yang dibaca dengan bacaan, adalah pendapat yang menjadi pegangan para ulama ahli tahqiq dan ulama salaf. Tetapi dengki dan iri adalah buta dan tuli.
Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Bukhari pernah berkata: “Iman adalah perkataan dan perbuatan, bisa bertambah dan bisa berkurang. Al-Qur’an adalah kalam Allah, bukan makhluk. Sahabat Rasulullah SAW. yang paling utama adalah Abu Bakar, Umar, Usman kemudian Ali. Dengan berpegang pada keyakinan dan keimanan inilah aku hidup, aku mati dan dibangkitkan di akherat kelak, insya Allah.” Demikian juga ia pernah berkata: “Barang siapa menuduhku berpendapat bahwa lafadz-lafadz Al-Qur’an adalah makhluk, ia adalah pendusta.” Az-Zahli benar-benar telah murka kepadanya, sehingga ia berkata: “Lelaki itu (Bukhari) tidak boleh tinggal bersamaku di negeri ini.” Oleh karena Imam Bukhari berpendapat bahwa keluar dari negeri itu lebih baik, demi menjaga dirinya, dengan hrapan agar fitnah yang menimpanya itu dapat mereda, maka ia pun memutuskan untuk keluar dari negeri tersebut.
Setelah keluar dari Naisabur, Imam Bukhari pulang ke negerinya sendiri, Bukhara. Kedatangannya disambut meriah oleh seluruh penduduk. Untuk keperluan itu, mereka mengadakan upacara besar-besaran, mendirikan kemah-kemah sepanjang satu farsakh (± 8 km) dari luar kota dan menabur-naburkan uang dirham dan dinar sebagai manifestasi kegembiraan mereka. Selama beberapa tahun menetap di negerinya itu, ia mengadakan majelis pengajian dan pengajaran hadits.
Tetapi kemudian badai fitnah dating lagi. Kali ini badai itu dating dari penguasa Bukhara sendiri, Khalid bin Ahmad az-Zihli, walaupun sebabnya timbul dari sikap Imam Bukhari yang terlalu memuliakan ilmu yang dimlikinya. Ketika itu, penguasa Bukhara, mengirimkan utusan kepada Imam Bukhari, supaya ia mengirimkan kepadanya dua buah karangannya, al-Jami’ al-Sahih dan Tarikh. Imam Bukhari keberatan memenuhi permintaan itu. Ia hanya berpesan kepada utusan itu agar disampaikan kepada Khalid, bahwa “Aku tidak akan merendahkan ilmu dengan membawanya ke istana. Jika hal ini tidak berkenan di hati tuan, tuan adalah penguasa, maka keluarkanlah larangan supaya aku tidak mengadakan majelis pengajian. Dengan begitu, aku mempunyai alas an di sisi Allah kelak pada hari kiamat, bahwa sebenarnya aku tidak menyembunyikan ilmu.” Mendapat jawaban seperti itu, sang penguasa naik pitam, ia memerintahkan orang-orangnya agar melancarkan hasutan yang dapat memojokkan Imam Bukhari. Dengan demikian ia mempunyai alas an untuk mengusir Imam Bukhari. Tak lama kemudian Imam Bukhari pun diusir dari negerinya sendiri, Bukhara. Imam Bukhari, kemudian mendo’akan tidak baik atas Khalid yang telah mengusirnya secara tidak sah. Belum sebulan berlalu, Ibn Tahir memerintahkan agar Khalid bin Ahmad dijatuhi hukuman, dipermalukan di depan umum dengan menungang himar betina. Maka hidup sang penguasa yang dhalim kepada Imam Bukhari itu berakhir dengan kehinaan dan dipenjara.
Imam Bukhari tidak saja mencurahkan seluruh intelegensi dan daya ingatnnya yang luar biasa itu pada karya tulisnya yang terpenting, Sahih Bukhari, tetapi juga melaksanakan tugas itu dengan dedikasi dan kesalehan. Ia selalu mandi dan berdo’a sebelum menulis buku itu. Sebagian buku tersebut ditulisnya di samping makan Nabi di Madinah. Imam Durami, guru Imam Bukhari, mengakui keluasan wawasan hadits muridnya ini: “Di antara ciptaan Tuhan pada masanya, Imam Bukharilah agaknya yang paling bijaksana.”
Suatu ketika penduduk Samarkand mengirim surat kepada Imam Bukhari yang isinya meminta ia supaya menetap di negeri mereka. Maka kemudian ia pergi untuk memenuhi permohonan mereka. Ketika perjalanannya sampai di Khartand, sebuah dsa kecil yang terletak dua farsakh sebelum Samarkand, dan desa itu terdapat beberapa familinya, ia pun singgah terlebih dahulu untuk mengunjungi mereka. Tetapi di desa itu Imam Bukhari jatuh sakit hingga menemui ajalnya. Ia wafat pada malam Idul Fitri tahun 256 H. (31 Agustus 870 M), dalam usia 62 tahun kurang 13 hari. Sebelum meninggal dunia, ia berpesan bahwa jika meninggal nanti jenazahnya agar dikafani tiga helai kain, tanpa baju dalam dan tidak memakai sorban. Pesan itu dilaksanakan dengan baik oleh masyarakat setempat. Jenazahnya dikebumikan lepas dzuhur, hari raya Idul Fitri, sesudah ia melewati perjalanan hidup panjang yang penuh dengan berbagai amal yang mulia. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan ridha-Nya.
Pengembaraannya ke berbagai negeri telah mempertemukan Imam Bukhari dengan guru-guru yang berbobot dan dapat dipercaya, yang mencapai jumlah sangat banyak. Diceritakan bahwa dia menyatakan: “Aku menulis hadits yang diterima dari 1.080 orang guru, yang semuanya adalah ahli hadits dan berpendirian bahwa iman adalah ucapan dan perbuatan.” Di antara guru-guru besar itu adalah
1. Ali ibn al-Madini,
2. Ahmad ibn Hanbal,
3. Yahya ibn Ma’in,
4. Muhammad ibn Yusuf al-Faryabi,
5. Maki ibn Ibrahim al-Bakhi,
6. Muhammad ibn Yusuf al-Baykandi dan
7. Ibn Rahawaih.
Guru-guru yang haditsnya diriwayatkan dalam kitab Sahih-nya sebanyak 289 orang guru. Karena kemasyurannya sebagai seorang alim yang super jenius, sangat banyak muridnya yang belajar dan mendengar langsung haditsnya dari dia. Tak dapat dihitung dengan pasti berapa jumlah orang yang meriwayatkan hadits dari Imam Bukhari, sehingga ada yang berpendapat bahwa kitab Sahih Bukhari didengar secara langsung dari dia oleh sembilan puluh ribu (90.000) orang (Muqaddimah Fathul-Bari, jilid 22, hal. 204). Di antara sekian banyak muridnya yang paling menonjol adalah
1. Muslim bin al-Hajjaj,
2. Tirmizi,
3. Nasa’i,
4. Ibn Khuzaimah,
5. Ibn Abu Dawud,
6. Muhammad bin Yusuf al-Firabri,
7. Ibrahim bin Ma’qil al-Nasafi,
8. Hammad bin Syakr al-Nasawi dan
9. Mansur bin Muhammad al-Bazdawi.
Empat orang yang terakhir ini merupakan yang paling masyur sebagai perawi kitab Sahih Bukhari.
Dalam bidang kekuatan hafalan, ketajaman pikiran dan pengetahuan para perawi hadits, juga dalam bidang ilat-ilat hadits, Imam Bukhari merupakan salah satu tanda kekuasaan (ayat) dan kebesaran Allah di muka bumi ini. Allah telah mempercayakan kepada Bukhari dan para pemuka dan penghimpun hadits lainnya, untuk menghafal dan menjaga sunah-sunah Nabi kita Muhammad SAW. Diriwayatkan, bahwa Imam Bukhari berkata: “Saya hafal hadits di luar kepala sebanyak 100.000 buah hadits sahih, dan 200.000 hadits yang tidak sahih.”
Mengenai kejeniusan Imam Bukhari dapat dibuktikan pada kisah berikut. Ketika ia tiba di Baghdad, ahli-ahli hadits di sana berkumpul untuk menguji kemampuan dan kepintarannya. Mereka mengambil 100 buah hadits, lalu mereka tukar-tukarkan sanad dan matannya (diputar balikkan), matan hadits ini diberi sanad hadits lain dan sanad hadits lain dinbuat untuk matan hadits yang lain pula. 10 orang ulama tampil dan masing-masing mengajukan pertanyaan sebanyak 10 pertanyaan tentang hadits yang telah diputarbalikkan tersebut. Orang pertama tampil dengan mengajukan sepuluh buah hadits kepada Bukhari, dan setiap orang itu selesai menyebutkan sebuah hadits, Imam Bukhari menjawab dengan tegas: “Saya tidak tahu hadits yang Anda sebutkan ini.” Ia tetap memberikan jawaban serupa sampai kepada penanya yang ke sepuluh, yang masing-masing mengajukan sepuluh pertanyaan. Di antara hadirin yang tidak mengerti, memastikan bahwa Imam Bukhari tidak akan mungkin mampu menjawab dengan benar pertanyaan-pertanyaan itu, sedangkan para ulama berkata satu kepada yang lainnya: “Orang ini mengetahui apa yang sebenarnya.” Setelah 10 orang semuanya selesai mengajukan semua pertanyaannya yang jumlahnya 100 pertanyaan tadi, kemudian Imam Bukhari melihat kepada penanya yang pertama dan berkata: “Hadits pertama yang anda kemukakan isnadnya yang benar adalah begini; hadits kedua isnadnya yang benar adalah beginii”
Begitulah Imam Bukhari menjawab semua pertanyaan satu demi satu hingga selesai menyebutkan sepuluh hadits. Kemudian ia menoleh kepada penanya yang kedua, sampai menjawab dengan selesai kemudian menoleh kepada penanya yang ketiga sampai menjawab semua pertanyaan dengan selesai sampai pada penanya yang ke sepuluh sampai selesai. Imam Bukhari menyebutkan satu persatu hadits-hadits yang sebenarnya dengan cermat dan tidak ada satupun dan sedikitpun yang salah dengan jawaban yang urut sesuai dengan sepuluh orang tadi mengeluarkan urutan pertanyaanya. Maka para ulama Baghdad tidak dapat berbuat lain, selain menyatakan kekagumannya kepada Imam Bukhari akan kekuatan daya hafal dan kecemerlangan pikirannya, serta mengakuinya sebagai “Imam” dalam bidang hadits.
Sebagian hadirin memberikan komentar terhadap “uji coba kemampuan” yang menegangkan ini, ia berkata: “Yang mengagumkan, bukanlah karena Bukhari mampu memberikan jawaban secara benar, tetapi yang benar-benar sangat mengagumkan ialah kemampuannya dalam menyebutkan semua hadits yang sudah diputarbalikkan itu secara berurutan persis seperti urutan yang dikemukakan oleh 10 orang penguji, padahal ia hanya mendengar pertanyaan-pertanyaan yang banyak itu hanya satu kali.”Jadi banyak pemirsa yang heran dengan kemampuan Imam Bukhari mengemukakan 100 buah hadits secara berurutan seperti urutannya si penanya mengeluarkan pertanyaannya padahal beliau hanya mendengarnya satu kali, ditambah lagi beliau membetulkan rawi-rawi yang telah diputarbalikkan, ini sungguh luar biasa.
Imam Bukhari pernah berkata: “Saya tidak pernah meriwayatkan sebuah hadits pun juga yang diterima dari para sahabat dan tabi’in, melainkan saya mengetahui tarikh kelahiran sebagian besar mereka, hari wafat dan tempat tinggalnya. Demikian juga saya tidak meriwayatkan hadits sahabat dan tabi’in, yakni hadits-hadits mauquf, kecuali ada dasarnya yang kuketahui dari Kitabullah dan sunah Rasulullah SAW.”
Dengan kedudukannya dalam ilmu dan kekuatan hafalannya Imam Bukhari sebagaimana telah disebutkan, wajarlah jika semua guru, kawan dan generasi sesudahnya memberikan pujian kepadanya. Seorang bertanya kepada Qutaibah bin Sa’id tentang Imam Bukhari, ketika menyatakan : “Wahai para penenya, saya sudah banyak mempelajari hadits dan pendapat, juga sudah sering duduk bersama dengan para ahli fiqh, ahli ibadah dan para ahli zuhud; namun saya belum pernah menjumpai orang begitu cerdas dan pandai seperti Muhammad bin Isma’il al-Bukhari.”
Imam al-A’immah (pemimpin para imam) Abu Bakar ibn Khuzaimah telah memberikan kesaksian terhadap Imam Bukhari dengan mengatakan: “Di kolong langit ini tidak ada orang yang mengetahui hadits, yang melebihi Muhammad bin Isma’il.” Demikian pula semua temannya memberikan pujian. Abu Hatim ar-Razi berkata: “Khurasan belum pernah melahirkan seorang putra yang hafal hadits melebihi Muhammad bin Isma’il; juga belum pernah ada orang yang pergi dari kota tersebut menuju Irak yang melebihi kealimannya.”
Al-Hakim menceriakan, dengan sanad lengkap. Bahwa Muslim (pengarang kitab Sahih), dating kepada Imam Bukhari, lalu mencium antara kedua matanya dan berkata: “Biarkan saya mencium kaki tuan, wahai maha guru, pemimpin para ahli hadits dan dokter ahli penyakit (ilat) hadits.” Mengenai sanjungan diberikan ulama generasi sesudahnya, cukup terwakili oleh perkataan al-Hafiz Ibn Hajar yang menyatakan: “Andaikan pintu pujian dan sanjungan kepada Bukhari masih terbuka bagi generasi sesudahnya, tentu habislah semua kertas dan nafas. Ia bagaikan laut tak bertepi.”
Imam Bukhari adalah seorang yang berbadan kurus, berperawakan sedang, tidak terlalu tinggi juga tidak pendek; kulitnya agak kecoklatan dan sedikit sekali makan. Ia sangat pemalu namun ramah, dermawan, menjauhi kesenangan dunia dan cinta akhirat. Banyak hartanya yang disedekahkan baik secara sembunyi maupun terang-terangan, lebih-lebih untuk kepentingan pendidikan dan para pelajar. Kepada para pelajar ia memberikan bantuan dana yang cukup besar. Diceritakan ia pernah berkata: “Setiap bulan, saya berpenghasilan 500 dirham,semuanya dibelanjakan untuk kepentingan pendidikan. Sebab, apa yang ada di sisi Allah adalah lebih baik dan lebih kekal.”
Imam Bukhari sangat hati-hati dan sopan dalam berbicara dan dalam mencari kebenaran yang hakiki di saat mengkritik para perawi. Terhadap perawi yang sudah jelas-jelas diketahui kebohongannya, ia cukup berkata: “Perlu dipertimbangkan, para ulama meninggalkannya atau para ulama berdiam diri tentangnya.” Perkataan yang tegas tentang para perawi yang tercela ialah: “Haditsnya diingkari.”
Meskipun ia sangat sopan dalam mengkritik para perawi, namun ia banyak meninggalkan hadits yang diriwayatkan seseorang hanya karena orang itu diragukan. Dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa ia berkata: “Saya meninggalkan 10.000 hadits yang diriwayatkan oleh perawi yang perlu dipertimbangkan, dan meninggalkan pula jumlah yang sama atau lebih, yang diriwayatkan perawi yang dalam pandanganku, perlu dipertimbangkan.”
Selain dikenal sebagai ahli hadits, Imam Bukhari juga sebenarnya adalah ahli dalam fiqh. Beberapa referensi menyebutkan bahwa beliau mengikut madzhab Syafi'i. Diantara guru beliau dalam fiqih Syafi'i adalah Iman al Humaidi, sahabat Imam Syafi'i. Juga beliau belajar fiqih dan Hadits kepada Za'farani dan Abu Tsur dan Al Karabisi, ketiganya adalah murid Imam Syafi'i Rhl. Demikian diterangkan oleh Imam Abu 'Ashim al Abbadi dalam kitab "Thabaqat"-nya.
Beliau tidak banyak membicarakan soal fiqih, tetapi hampir semua pekerjaan beliau berkisar kepada hadits-hadits dan tidak mengambil hukum dari hadits-hadits itu. Di dalam kitab "Faidhul Qadir" syarah Jamius Shagir pada juz I halaman 24 diterangkan bahwa Imam Bukhari mengambil fiqih dari al Humaidi dan sahabat Imam Syafi'i yang lain. Imam Bukha'ri tidak mengambil hadits dari Iman Syafi'i Rhl., karena beliau meninggal dalam usia muda tapi Imam Bukhari belajar dan mengambil hadits dari murid-murid Imam Syafi'i Rhl.
Di sela-sela kesibukannya sebagai seorang alim, ia juga tidak melupakan kegiatan lain yang dianggap penting untuk menegakkan Diunul Islam. Imam Bukhari sering belajar memanah sampai mahir, sehingga dikatakan bahwa sepanjang hidupnya, ia tidak pernah luput dalam memanah kecuali hanya dua kali. Keadaan itu timbul sebagai pengamalan sunah Rasul yang mendorong dan menganjurkan kaum Muslimin belajar menggunakan anak panah dan alat-alat perang lainnya. Tujuannya adalah untuk memerangi musuh-musuh Islam dan mempertahankannya dari kejahatan mereka.
Diantara hasil karya Imam Bukhari adalah sebagai berikut :
Al-Jami’ as-Sahih (Sahih Bukhari).
Al-Adab al-Mufrad.
At-Tarikh as-Sagir.
At-Tarikh al-Awsat.
At-Tarikh al-Kabir.
At-Tafsir al-Kabir.
Al-Musnad al-Kabir.
Kitab al-’Ilal.
Raf’ul-Yadain fis-Salah.
Birril-Walidain.
Kitab al-Asyribah.
Al-Qira’ah Khalf al-Imam.
Kitab ad-Du’afa.
Asami as-Sahabah.
Kitab al-Kuna.

Sekilas Tentang Kitab AL-JAMI’ AS-SAHIH (Sahih Bukhari)
Diceritakan, Imam Bukhari berkata: “Aku bermimpi melihat Rasulullah SAW.; seolah-olah aku berdiri di hadapannya, sambil memegang kipas yang kupergunakan untuk menjaganya. Kemudian aku tanyakan mimpi itu kepada sebagian ahli ta’bir, ia menjelaskan bahwa aku akan menghancurkan dan mengikis habis kebohongan dari hadits Rasulullah SAW. Mimpi inilah, antara lain, yang mendorongku untuk melahirkan kitab Al-Jami’ as-Sahih.”
Dalam menghimpun hadits-hadits sahih dalam kitabnya, Imam Bukhari menggunakan kaidah-kaidah penelitian secara ilmiah dan sah yang menyebabkan kesahihan hadits-haditsnya dapat dipertanggungjawabkan. Beliau telah berusaha dengan sungguh-sungguh untuk meneliti dan menyelidiki keadaan para perawi, serta memperoleh secara pasti kesahihan hadits-hadits yang diriwayatkannya. Beliau senantiasa membanding-bandingkan hadits-hadits yang diriwayatkan, satu dengan yang lain, menyaringnya dan memlih has mana yang menurutnya paling sahih. Sehingga kitabnya merupakan batu uji dan penyaring bagi hadits-hadits tersebut. Hal ini tercermin dari perkataannya: “Aku susun kitab Al-Jami’ ini yang dipilih dari 600.000 hadits selama 16 tahun.” Dan beliau juga sangat hati-hati, hal ini dapat dilihat dari pengakuan salah seorang muridnya bernama al-Firbari menjelaskan bahwa ia mendengar Muhammad bin Isma’il al-Bukhari berkata: “Aku susun kitab Al-Jami’ as-Sahih ini di Masjidil Haram, dan tidaklah aku memasukkan ke dalamnya sebuah hadits pun, kecuali sesudah aku memohonkan istikharoh kepada Allah dengan melakukan salat dua rekaat dan sesudah aku meyakini betul bahwa hadits itu benar-benar sahih.”
Maksud pernyataan itu ialah bahwa Imam Bukhari mulai menyusun bab-babnya dan dasar-dasarnya di Masjidil Haram secara sistematis, kemudian menulis pendahuluan dan pokok-pokok bahasannya di Rawdah tempat di antara makan Nabi SAW. dan mimbar. Setelah itu, ia mengumpulkan hadits-hadits dan menempatkannya pada bab-bab yang sesuai. Pekerjaan ini dilakukan di Mekah, Madinah dengan tekun dan cermat, menyusunnya selama 16 tahun.
Dengan usaha seperti itu, maka lengkaplah bagi kitab tersebut segala faktor yang menyebabkannya mencapai kebenaran, yang nilainya tidak terdapat pada kitab lain. Karenanya tidak mengherankan bila kitab itu mempunyai kedudukan tinggi dalam hati para ulama. Maka sungguh tepatlah ia mendapat predikat sebagai “Buku Hadits Nabi yang Paling Sahih.” Diriwayatkan bahwa Imam Bukhari berkata: “Tidaklah kumasukkan ke dalam kitab Al-Jami’as-Sahih ini kecuali hadits-hadits yang sahih; dan kutinggalkan banyak hadits sahih karena khawatir membosankan.”Kesimpulan yang diperoleh para ulama, setelah mengadakan penelitian secara cermat terhadap kitabnya, menyatakan bahwa Imam Bukhari dalam kitab Sahih-nya selalu berpegang teguh pada tingkat kesahihan yang paling tinggi, dan tidak turun dari tingkat tersebut kecuali dalam beberapa hadits yang bukan merupakan materi pokok dari sebuah bab, seperti hadits mutabi dan hadits syahid, dan hadits-hadits yang diriwayatkan dari sahabat dan tabi’in.
Jumlah Hadits Kitab Al-Jami’as-Sahih (Sahih Bukhari)
Al-’Allamah Ibnus-Salah dalam Muqaddimah-nya menyebutkan, bahwa jumlah hadits Sahih Bukhari sebanyak 7.275 buah hadits, termasuk hadits-hadits yang disebutnya berulang, atau sebanyak 4.000 hadits tanpa pengulangan. Perhitungan ini diikuti oleh Al-”Allamah Syaikh Muhyiddin an-Nawawi dalam kitabnya, At-Taqrib.
Selain pendapat tersebut di atas, Ibn Hajar di dalam muqaddimah Fathul-Bari, kitab syarah Sahih Bukhari, menyebutkan, bahwa semua hadits sahih mawsil yang termuat dalam Sahih Bukhari tanpa hadits yang disebutnya berulang sebanyak 2.602 buah hadits. Sedangkan matan hadits yang mu’alaq namun marfu’, yakni hadits sahih namun tidak diwasalkan (tidak disebutkan sanadnya secara sambung-menyambung) pada tempat lain sebanyak 159 hadits. Semua hadits Sahih Bukhari termasuk hadits yang disebutkan berulang-ulang sebanyak 7.397 buah. Yang mu’alaq sejumlah 1.341 buah, dan yang mutabi’ sebanyak 344 buah hadits. Jadi, berdasarkan perhitungan ini dan termasuk yang berulang-ulang, jumlah seluruhnya sebanyak 9.082 buah hadits. Jumlah ini diluar haits yang mauquf kepada sahabat dan (perkataan) yang diriwayatkan dari tabi’in dan ulama-ulama sesudahnya.

Edited : Rudin Lapandewa

Hadis-hadis Pilihan

Dari Abdullah r.a. dari Nabi s.a.w. sabdanya; "Tanam-tanaman yang dialiri air hujan atau dengan mata air atau tanam-tanaman yang tumbuh di rawa-rawa, zakatnya seperpuluh dan yang diairi dengan tenaga angkutan, zakatnya seperdua puluh." - Sahih Bukhari

Abu Dzar dan Muadz b. Jabal r.a. berkata, Nabi s.a.w. bersabda; "Bertakwalah kepada Allah di mana kau berada dan sambunglah perbuatan jahat itu dengan kebaikkan supaya terhapus (kejahatannya), dan bergaullah sesama manusia dengan budi yang baik (akhlak yang baik)." - Riwayat Attirmidzi

Diceritakan oleh Abu Sa'id Al Khudri r.a. Nabi s.a.w. bahawa beliau bersabda; "Mandi hari Jumaat, adalah wajib bagi setiap orang dewasa." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a., katanya Nabi s.a.w. bersabda; "Segerakanlah menguburkan mayat, jika ia baik bererti kamu telah menyampaikan kepada kebaikkannya dan jika ia tidak baik bererti kamu telah menghindarkan bahaya daripadamu." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a., katanya Nabi s.a.w. bersabda; "Siapa yang bunuh diri dengan mencekik lehernya, maka dia akan mencekiknya pula di neraka." - Sahih Bukhari

Dari Aisyah r.a., katanya Nabi s.a.w. bersabda; "Janganlah kamu memaki orang yang telah mati kerana sesungguhnya mereka telah menemui apa yang mereka amalkan (semasa hidupnya)." - Sahih Bukhari

Dari Asma binti Abu Bakar r.a., katanya dia datang kepada Rasulullah s.a.w. lantas beliau bersabda; "Janganlah engkau menahan-nahan (harta), maka Allah akan menahannya pula untukmu kerana itu keluarkanlah harta itu menurut kesanggupanmu." - Sahih Bukhari

Dari Abu Mas'ud Al Ansari katanya; "Rasulullah s.a.w. melarang tentang harga (jual beli) anjing, membayar mahar penzina dan membayar tukang tenung." - Sahih Bukhari

Dari Anas r.a. katanya, Rasulullah s.a.w. bersabda; "Seorang Muslim yang menanam pohon tanam-tanaman, lalu sebahagian hasilnya dimakan burung, manusia atau binatang maka orang yang menanam itu mendapat pahala." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda; "Pada suatu ketika ada seseorang berjalan di jalan umum. Ia melihat duri lalu dibuangkannya. Tuhan memberinya pahala dan keampunan." - Sahih Bukhari

Dari Aisyah r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda; "Siapa yang membuka tanah yang tidak berpunya, dialah yang berhak memilikinya." - Sahih Bukhari

Dari Abdullah b Umar r.a., katanya Nabi s.a.w. bersabda; "Aniaya itu menjadi kegelapan di hari Kiamat." - Sahih Bukhari

Dari Ibnu Umar r.a. katanya, Nabi s.a.w. bersabda; "Siapa yang mengambil sebahagian tanah orang lain tanpa hak (dengan aniaya), maka pada hari Kiamat ia akan dikubur sampai tujuh lapis bumi." - Sahih Bukhari

Dari Ibnu Abbas r.a., Nabi s.a.w. bersabda; "Lebih baik kamu memberikan tanah kepada saudaramu, daripada mengambil sewa yang ditentukan jumlahnya." - Sahih Bukhari

Dari Ibnu Umar r.a. katanya; "Rasulullah s.a.w. melarang orang mengambil lebih daripada haknya, kecuali kalau orang mendapat izin dari temannya yang berhak." - Sahih Bukhari

Dari Aisyah r.a., dari Nabi s.a.w. beliau bersabda; "Orang yang paling dibenci Allah adalah orang yang paling suka bermusuhan." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a., Nabi s.a.w. bersabda; "Ahli warisku tiada mempusakai dinar dan dirham. Apa yang aku tinggalkan, selain dari belanja isteriku dan keperluan pembantuku adalah untuk sedekah." - Sahih Bukhari

Dari Anas b. Malik r.a., Nabi s.a.w. bersabda; "Sesungguhnya berjihad untuk agama Allah di waktu pagi atau petang hari lebih baik dari dunia dan seisinya." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a., Nabi s.a.w. bersabda; "Siapa yang memerdekakan orang Islam, Tuhan akan melepaskan anggota orang itu dari neraka, sesuai dengan anggota orang yang dimerdekakn." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a. katanya Nabi s.a.w. bersabda; "Tuhan tiada memberi hukuman kepada umatku terhadap apa yang bergerak dalam dadanya (keinginan yang salah) selagi belum dikerjakan atau belum diucapkannya." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a. dari Nabi s.a.w. sabdanya; "Apabila kamu memukul, hindarkanlah memukul muka." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a., Nabi s.a.w. bersabda; "Hai kaum muslimat! Janganlah menganggap remeh seorang tetangga, walaupun hanya berupa kaki kambing." - Sahih Bukhari

Dari Abu Musa r.a. katanya; "Nabi s.a.w. mendengar seorang lelaki lain dan berlebihan dalam pujiannya, beliau bersabda; "Kamu membinasakannya atau memotong punggung orang itu." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a.; "Nabi s.a.w. menawarkan pada satu kaum untuk bersumpah. Mereka berebut hendak dahulu, lalu beliau memerintahkan supaya diundi diantara mereka siapa yang akan lebih dahulu melakukan sumpah." - Sahih Bukhari

Dari Ummu Kalsum binti Uqbah r.a., sesungguhnya ia mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda; "Bukanlah termasuk pendusta orang yang mendamaikan manusia. Ditambah yang baik atau dikatakannya yang baik." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah s.a.w. bersabda; "Pada hari Kiamat kelak, setiap hak akan diberikan kepada ahlinya (orang yang punya hak), sampai hak seekor kambing yang tidak bertanduk diambilkan dari kambing yang bertanduk." - Sahih Muslim

Dari Ibnu Umar r.a. dari Nabi s.a.w. beliau bersabda; "Kalau sekiranya orang ramai mengerti apa yang mungkin terjadi dalam pemergian bersendiri sebagaimana yang saya ketahui, tentulah tiada seorang pun pengembara akan berjalan malam hari sendiri sahaja." - Sahih Bukhari

Dari Abdullah b. Umar r.a.; "Seorang perempuan didapati terbunuh dalam suatu peperangan di zaman Nabi s.a.w. lalu Rasulullah s.a.w. tidak membenarkan membunuh perempuan dan kanak-kanak." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a., katanya; "Nabi s.a.w. menamakan peperangan itu tipu daya." - Sahih Bukhari

Dari Abu Musa r.a., katanya; "Rasulullah s.a.w. bersabda; "Bebaskanlah orang tawanan, beri makanlah orang lapar dan kunjungilah." - Sahih Bukhari

Dari Khaulah (Ansar) r.a., katanya; "Saya mendengar Nabi s.a.w. bersabda; "Sesungguhnya orang yang tiada berbuat benar terhadap harta Allah, untuk mereka itu pada hari kiamat ialah api neraka." - Sahih Bukhari

Dari Aisyah r.a. katanya Nabi s.a.w. bersabda; "Bersiwak itu dapat membersihkan mulut dan mendapat keredhaan Allah." - Sahih Bukhari

Dari Ibnu Umar r.a. katanya; "Saya mendengar Nabi s.a.w. bersabda; "Bagi tiap-tiap orang pengkhianat (penipu) ada bendera yang dipantanda pengkhianatan pada hari kiamat." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a. katanya; "Rasulullah bersabda; "Setelah Tuhan memutuskan akan mencipta makhluk, ditulisNya dalam kitabNya yang ada di atas 'Arsy; RahamatKu mengalahkan kemarahanKu!". - Sahih Bukhari

Dari Jabir r.a. katanya Nabi s.a.w. bersabda; "Pada malam hari ada satu saat (yang berkat) dimana jika seseorang Muslim menepati saat itu dan berdoa kepada Allah S.W.T. meminta keberkatan dunia atau akhirat, nescaya Allah kabulkan doanya. Keadaan ini pada tiap-tiap malam." - Sahih Muslim

Dari Abu Hurairah r.a. katanya Nabi s.a.w. bersabda; "Apabila lalat masuk ke dalam minuman seseorang kamu, hendaklah ditenggelamkannya, kemudian dibuang lalat itu kerana sesungguhnya salah satu sayapnya mengandungi penyakit dan satu lagi mengandungi ubat." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah s.a.w. bersabda; "Kalau wanita tidur dengan menjauhkan diri dari suaminya maka malaikat mengutuk wanita sampai ia kembali kepada suaminya." - Sahih Bukhari

Dari Abu Mas'ud Al Ansari r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda; "Apabila seorang Muslim memberikan belanja kepada keluarganya semata-mata kerana mematuhi Allah, maka ia mendapat pahala." - Sahih Bukhari

Dari Abdullah b. Umar r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda; "Kalau kamu diundang kepada suatu pesta perkahwinan, maka hendaklah kamu datang." - Sahih Bukhari

Dari Aishah r.a., katanya saya mendengar Nabi s.a.w. bersabda; "Roh (jiwa) itu bagaikan tentera yang berbaris. Mana yang sesuaian berdampinglah dia dan yang bertentangan berjauhanlah dia." - Sahih Bukhari

Nabi s.a.w. bersabda; "Siapa yang sembahyangnya tidak dapat mencegahnya dari melakukan kekejian dan kemurkaan, maka tiadalah pertambahannya malainkan bertambah jauh dari Allah." - Riwayat Atthabarani

Rasulullah s.a.w. bersabda; "Kebajikan itu ialah budi pekerti yang indah. Sedangkan dosa ialah perbuatan atau tindakan yang menyesakkan dada, padahal engkau sendiri segan perbuatanmu itu akan diketahui orang lain." - Sahih Muslim

Dari Anas b. Malik r.a.; "Penduduk Mekah meminta kepada Rasulullah s.a.w. supaya memperlihatkan kepada mereka mukjizat Tuhan, lalu diperlihatkan kepada mereka bulan terbelah dua." - Sahih Bukhari

Dari Aishah r.a. katanya Rasulullah s.a.w. pernah ditanya tentang sejenis minuman keras yang dibuat dari madu bernama bit'i, beliau berkata; "Setiap minuman yang memabukkan adalah terlarang." - Sahih Bukhari

Dari Aisyah r.a., katanya Rasulullah s.a.w. bersabda; "Setiap kali orang Islam mendapat mala petaka, Allah mengampuni dosanya kerana mala petaka itu, bahkan yang disebabkan terkena duri." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a., Nabi s.a.w. bersabda; "Bagi setiap penyakit yang diturunkan Allah, ada ubatnya yang juga diturunkanNya." - Sahih Bukhari

Dari Ibnu Abbas r.a. dari Rasulullah s.a.w.; "Kesembuhan dari penyakit itu adalah dengan melakukan tiga perkara; Berbekam, minum madu dan dibakar dengan besi bakar tetapi aku melarang umatku membakar dengan besi panas itu." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda; "Siapa yang berusaha keras membantu janda dan orang miskin, sama ertinya berjuang di jalan Allah atau sembahyang sepanjang malam hari dan selalu puasa di siang hari." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda; "Sedekah yang terbaik adalah yang dilakukan oleh orang kaya. Mulailah memberikan sedekah dengan bersedekah kepada orang yang menjadi tanggungjawabmu." - Sahih Bukhari

Dari Abu Musa Al Asyari r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda; "Beri makan lah orang yang lapar, kunjungilah orang yang sakit dan bebaskanlah orang yang tertawan dan menderita." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a. katanya; "Rasulullah s.a.w. tidak pernah mencela makanaan, kalau senang beliau makan dan kalau tidak senang beliau biarkan saja." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a., Nabi s.a.w. bersabda; "Sedekah tidak akan mengurangi harta seseorang. Seseorang yang pemaa, Allah menambahkan kemuliaan baginya. Dan seorang yang tawaduk (merendahkan diri) kepada Allah menaikkan darjatnya." - Sahih Muslim

Dari Salman bin Amir r.a. katanya; "Saya mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda; "Anak itu dengan aqiqah, kerana itu adakanlah sembelihan untuknya dan bersihkanlah ia dari segala kotoran." - Sahih Bukhari

Dari Abdullah b. Umar r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda; "Siapa yang minum minuman keras di dunia dan ia tidak bertaubat dari kesalahannya, maka ia tidak memperolehinya nanti di akhirat." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a., Nabi s.a.w. bersabda; "Siapa yang mati kerana penyakit perut adalah mati syahid. Siapa yang mati kerana penyakit kolera adalah mati syahid." - Sahih Bukhari

Rasulullah s.a.w. bersabda; "Andaikan kamu berbuat dosa sehingga dosamu mencapai langit, kemudian kamu bertaubat nescaya Allah memberi keampunan kepadamu." - Riwayat Ibnu Majah

Dari Aisyah r.a., katanya Rasulullah s.a.w. bersabda; "Kalau memakai sandal, pasang yang kanan terlebih dahulu tetapi kalau membukanya yang kiri terlebih dahulu. Jadi yang kanan adalah yang pertama di pasang dan yang terakhir dibuka." - Sahih Bukhari

Dari Ibnu Abbas r.a., katanya; "Rasulullah s.a.w. mengutuk lelaki yang berpakaian seperti wanita dan wanita berpakaian seperti lelaki." - Sahih Bukhari

Nabi s.a.w. bersabda; "Setiap isteri yang minta cerai pada suaminya tanpa apa-apa (tanpa alasan yang dapat dibenarkan) maka haram atasnya bau syurga." - Riwayat Abu Dawud & Attirmidzi

Dari Abu Hurairah r.a., katanya Rasulullah s.a.w. bersabda; "Siapa yang ingin rezekinya dibanyakkan dan umurnya dipanjangkan hendaklah ia menghubungkan tali silaturrahim." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda; "Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga; i)Jika berbicara ia berdusta. ii)Kalau berjanji ia mungkiri. iii)Kalau berjanji ia khianat." - Sahih Bukhari

Dari Ibnu Abbas r.a., katanya, Nabi s.a.w. bersabda; "Ada dua nikmat yang sering kebanyakkan manusia tertipu tentangnya (sering melupakannya), iaitu waktu sihat dan waktu senang." - Riwayat Bukhari

Dari Aisyah r.a., katanya; "Nabi s.a.w. pernah mendapati fajar dalam bulan Ramadhan dalam keadaan ia junub bukan bermimpi, lalu beliau mandi dan terus puasa." - Sahih Bukhari

Dari Umar r.a., Nabi s.a.w. bersabda; "Siapa yang memakai pakaian sutera di dunia, di akhirat ia tidak akan memakainya." - Sahih Bukhari

Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah s.a.w. bersabda; "Tiga macam orang yang tidak diterima Allah ucapan syahadahnya ialah orang yang liwath (homosexual), orang yang bersihaaq (lesbian) dan imam (raja) yang zalim." - Riwayat Atthabarani

Dari Abdullah r.a., dari Nabi s.a.w. bersabda; "Tidak terjadi kiamat melainkan kerana kejahatan manusia." - Riwayat Muslim

Rasulullah s.a.w. bersabda; "Sesungguhnya di dalam Syurga itu terdapat sebuah sungai yang disebut Sungai Rejab, airnya lebih putih dari susu dan lebih manis dari madu. Barang siapa yang berpuasa satu hari pada bulan Rejab, Allah akan memberinya minum dari sungai itu." - Riwayat Al Baihaqi

Dari Jabir bin Abdullah r.a. berkata, Nabi s.a.w. bersabda; "Setiap orang akan dibangkitkan kelak (hari kiamat) menurut keadaan (aqidah atau iman) nya ketika dia mati." - Sahih Muslim

Rasulullah s.a.w. bersabda; "Bertaubatlah kamu sekelian kepada Tuhanmu dan minta ampunlah dari semua dosamu dan jauhilah segala macam perbuatan maksiat di dalam bulan ini iaitu Bulan Rejab." - Kitab Durratun Nasihin

Dari Ibnu Mas'ud katanya, Nabi s.a.w. bersabda, maksudnya; "Sesiapa membaca surah Al-Waqi'ah pada tiap malam, maka tidak akan menderita kemiskinan untuk selamanya." - Riwayat Albaihaqi


Sumber : Buku Hadis Sohih

Edited : Rudin Lapandewa


Benarkah Al Kitab mengisyaratkan bahwa Yesus berbuat dosa..?

Daftar Dosa-dosa Yesus dalam Al Kitab :

1. "Yesus memberikan minuman keras kepada orang lain" (Yoh 2:8).

Padalah dikatakan tentang minuman keras:"Anggur dan air anggur menghilangkan daya pikir" (Hos 4:11)

2. Menurut Injil, Yesus juga mengatakan dusta, karena pada Id Khayam dia menjawab kepada saudara-saudaranya:"Pergilah kamu ke pesta itu, Aku belum pergi kesitu, karena waktu-KU belum genap". Demikianlah kataNya kepada mereka, dan Iapun tinggal di Galilea. Tetapi sesudah saudara-saudara Yesus berangkat ke pesta itu, Iapun pergi juga ke situ, tidak terang-terangan tetapi diam-diam" (Yoh 7:8-10)

3. Dari Injil juga jelas tampak Yesus menghardik dan dengan nada menghina ibunya berkata:"Mau apakah engkau dari padaKu, Ibu? SaatKu belum tiba" (Yoh 2:4)

4. Yesus tidak menghiraukan ibunya.

"Ketika Yesus masih berbicara itu, IBUNYA DAN SAUDARA-SAUDARANYA BERDIRI DILUAR DAN BERUSAHA MENEMUI DIA. Maka seorang berkata kepadaNya (Yesus) : lihatlah ibumu beserta saudara-saudaramu ada di luar dan berusaha menemui Engkau. Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepadaNya : SIAPA IBUKU? DAN SIAPA SAUDARA-SAUDARAKU? Lalu katanya sambil menujuk kepada murid muridnya : INI IBUKU DAN INI SAUDARA SAUDARAKU! (matius 12:46-50)

Pertanyaan buat umat kristen:

a. benarkah Yesus tega berbuat demikian terhadap ibu kandungnya sendiri yang telah MENGANDUNGNYA??? Dengan perasaan enteng dia tidak mau menemui Ibunya, padahal ibunya berusaha menemuinya dengan susah payah. Bukankah Ibu itu harus kita sayangi, kita dahulukan dari orang lain???

b. kalau ayat itu benar. Apakah para pengikut Yesus diajarkan demikian terhadap orang tuanya??? Sehingga pengikut Yesus akan tidak MENGHIRAUKAN orang tuanya dan saudara - saudaranya???? Kalau demikian alangkah jeleknya ajaran yesus itu.

c. kalau ayat itu TIDAK BENAR ALIAS SALAH, Mengapa masuk dalam kitab suci???

d. kalau ayat itu SALAH ALIAS TIDAK BENAR, BERARTI MATIUS TELAH MENCEMARKAN NAMA BAIK YESUS. MATIUS TELAH MEMFITNAH YESUS. BUKANKAH PENGIKUT INJIL MATIUS JUGA IKUT ANDIL MENCEMARKAN NAMA BAIK YESUS???

5. Yesus juga sering bersaksi palsu.

"Jikalau aku menyaksikan dari hal diri ku, maka kesaksianku TIDAK BENAR". (yohanes 5:31)

6. Yesus kejam dan senang merusak lingkungan.

"Sesampainya di Yerusalem Ia masuk ke Bait Allah. Disana ia meninjau semuanya, tetapi sebab hari sudah hampir malam Ia keluar ke Betania, YESUS MERASA LAPAR. Dan dari jauh Ia melihat pohon ara yang sudah berdaun. Ia mendekatinya untuk melihat kalau-kalau ia mendapat apa-apa dari pohon itu. Tetapi waktu ia tiba disitu, ia tidak mendapatkan apa-apa, selain daun -daun saja, SEBAB MEMANG BUKAN MUSIM BUAH ARA. Maka katanya (yesus) kepada pohon itu : JANGAN LAGI ORANGPUN MAKAN BUAHMU SELAMA-LAMANYA. Maka menjadi layulah pohon ara itu". (Markus 11:11-14).

Pertanyaan buat umat kristen:

a. mengapa sifat ketuhanan yesus tidak dapat menghalau rasa laparnya??? mengapa sifat ketuhanan yesus tidak dapat mengetahui kalau pohon ara itu tidak ada buahnya????

b. benarkah yesus sekejam itu??? Mengutuk pohon yang tidak berdosa. Bukankah yesus dapat menjadikan pohon itu berbuah dengan sifat ketuhanannya????

Bukankah dengan peristiwa itu berarti yesus adalah BUKAN PECINTA LINGKUNGAN????? Bukankah Yesus anti konservasi alam???

c. kalau cerita di ayat tersebut salah alias tidak bener, bukankah berarti MARKUS TELAH MEMFITNAH YESUS???? Bukankah MARKUS TELAH MELAKUKAN KEBOHONGAN PUBLIK selama ribuan tahun???? Bukankah orang yang mempercayai injil Markus juga ikut MEMFITNAH YESUS???

7. Yesus memerintahkan untuk membunuh musuhnya, entah orang itu menyerang Yesus maupun yang tidak menyerangnya.

"Akan tetapi semua seteruku ini, yang tidak suka Aku menjadi rajanya, bawalah mereka kemari dan BUNUHLAH mereka di depan mata-Ku" (Lukas 19:27).

8. Yesus membunuh anak-anak yang tanpa dosa.

"So I will cast her on a bed of suffering, and I will make those who commit adultery with her suffer intensely, unless they repent of her ways. I will strike her children dead. Then all the churches will know that I am he who searches hearts and minds, and I will repay each of you according to your deeds. (From the NIV Bible, Revelation 2:22-23)"

"Dan anak-anaknya akan Kumatikan dan semua jemaat akan mengetahui.." (wahyu 2: 23).

9. Yesus memerintahkan para pengikutnya bertindak seperti teroris.

"Jangan kamu menyangka bahwa AKU datang untuk membawa damai di atas bumi; AKU datang bukan untuk membawa DAMAI melainkan PEDANG (Matius 10:34).

"AKU datang untuk melemparkan api ke bumi dan betapakah AKU harapkan, api itu telah menyala ! " (Lukas 12:49).

"Kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas Bumi? Bukan, kata-Ku kepadamu, bukan damai, melainkan PERTENTANGAN" (Lukas 12:51).

10. yesus memerintahkan para pengikutnya untuk membenci orang tua dan saudara-saudaranya.

"If anyone comes to me and does not hate his father and mother, his wife and children, his brothers


Al Imran 59 :
59. Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, Kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), Maka jadilah Dia.


Dan akan dijadikan-Nya sebagai Rasul untuk Bani Israil. Katanya: ? Aku ini datang kepadamu membawa tanda mujizat dari Tuhanmu yiaitu aku dapat membuat dari tanah liat ini rangka burung untuk kalian, kemudian aku tiup lalu menjadi seekor burung. Dan aku sanggup menyembuhkan orang buta, penyakit kusta, dan menghidupkan orang mati . Lagi pula aku dapat memberitahukan kepada kalian apa yang kalian makan dan apa yang kalian simpan di rumah kalian masing-masing. Semua ini adalah menjadi tanda buat kalian, kalau kalian benar-benar beriman. Al-Qur?an, 3:49. (Juga lihat Surah 5:110

"Allah, Tidak ada Tuhan melainkan Dia, Yang Hidup, Yang Berdiri (Memelihara segala sesuatu). Dia menurunkan Kitab (Qur'an) kepada engkau (ya Muhamad) dengan sebenarnya serta membenarkan (Kitab) yang sebelumnya dan Dia menurunkan Taurat dan Injil, Sebelum Qur'an jadi petunjuk bagi manusia dan Dia menurunkan Furqan (yang memperbedakan antara yang hak dengan yang batil)." -- Al-Qur'an, Ali Imran 3:2-4

Anak Secerdas Einstein, apakah Masih ada?

Menurut penelitian para ahli, laju tumbuh kembang dan IQ seorang anak tidak dipengaruhi oleh faktor keturunan saja. Ada tiga faktor yang saling mempengaruhi, yaitu faktor genetik atau keturunan, faktor lingkungan, dan faktor gizi.

Faktor genetika tidak bisa kita ubah, tetapi sesungguhnya berperan hanya 30-40 persen. Sementara faktor lingkungan adalah masalah sehari-hari yang dihadapi seorang anak. Seorang anak dengan IQ tinggi tetap harus diasah keterampilannya, kerajinan, dan kemampuan berpikir oleh orang tua agar bisa menampilkan dan bisa mempertahankan kecerdasannya. Hal ini pernah diungkapkan oleh Bruce Epstein, MD, ahli saraf anak dari Amerika Serikat. Ia mengungkapkan bahwa orangtua harus selalu mengasah dan merangsang berbagai kemampuan yang tersimpan didalam otak sang anak secara terus menerus karena kemampuan atau potensi yang tidak dirangsang lama kelamaan akan hilang.

Dan faktor ketiga adalah gizi mirip bahan bakar pada proses kerja otak seorang anak. Pemenuhan nutrisi yang cukup merupakan syarat utama dalam perkembangan anak, termasuk perkembangan otaknya.

Perkembangan dan pertumbuhan otak

Mutu otak seorang anak telah ditentukan sejak awal. Proses pembentukan otak sama dengan proses pembentukan organ pada seluruh tubuh, yaitu beberapa saat setelah terjadinya konsepsi yaitu proses peleburan inti sel telur dan inti sperma.

Dalam proses belajar seorang bayi, Cyntia shortdalam bukunya Dendrites are Forever mengatakan, berbagai zat yang meningkatkan kerja otak akan muncul secara luar biasa apabila seorang anak mengulang-ulang apa yang dipelajarinya.

Lalu apa dampak pengulangan terhadap sebuah pelajaran? Kata sebuah penelitian, pengulangan-pengulangan ini akan membuat proses penyimpanan hal-hal baru yang lebih efektif. Hal-hal baru tersebut akan masuk kedalam benak dan kemudian menumbuhkan sel-sel otak baru.

Dimasa kehamilan meskipun masa otak janin hanya 16 persen dari tubuhnya, otak paling banyak memerlukan energi (lebih dari 70 persen) untuk proses tumbuh kembangnya. Pada masa kanak-kanak, proses pertumbuhan otak pada usia bayi dan balita hingga mencapai taraf kesempurnaan pada usia empat hingga lima tahun. Oleh karena itu, untuk tumbuh kembang otak bayi dibutuhkan makanan yang cukup serta baik kualitas maupun kuantitasnya komponen utama pembentuk otak adalah lemak dan bahan baku untuk membentuk sel-sel saraf baru didalam otak adalah protein. Beberapa vitamin dan mineral berperan dalam kelancaran proses tumbuh kembang otak si kecil. Misalnya, Vit B12 berperan dalam membentuk cikal bakal tulang belakang dan sistem saraf pusat yang harus dipenuhi ibu dalam masa awal kehamilan.

Spingomielin, AA, dan DHA

Salah satu hal terpenting dalam perkembangan otak adalah Spingomielin yang merupakan salah satu bentuk dari spingolipid, yaitu suatu kompleks lipid kandungan lemak dalam otak.

Menurut M. Nazir HZ, Sp.AK, spingomielin berperan sebagai kerangka penyusun membran sel serta banyak fungsi lain didalam sel. Apabila asupan makanan berkurang seperti anak mal nutrisi, kandungan spingomielin dalam otak akan menjadi rendah. Namun keadaan ini dapat diatasi dengan memberikan diet yang mengandung spingomielin.

0,1-1,0 persen dari total lemak susu sapi mengandung fosfolipid dan 30 persen diantaranya terdiri dari spingomielin. Kandungan spingomielin dalam ASI berfariasi. Selain spingomielin, ASI juga mengandung fosfolipid yang merupakan sumber fostorilkolin dalam sintesis spingomielin.

ASI sebagai makanan bayi yang utama kaya akan asam lemak rantai pajang tak jenuh ganda atau long chain polyunsaturated fatty acids (LCPUFA). Ada dua jenis LCPUFA yang berpegaruh dalam perkembangan otak dan kecerdasan, yaitu asam arakidonat atau arachidonic acid (AA) dan asam dekosaheksanoat atau decosahexanoic acid (DHA). Kedua komponen ini dibutuhkan dalam jumlah besar pada saat tumbuh kembang otak bayi.

Didalam tubuh sebenarnya bayi mampu mebuat AA dan DHA sendiri yang berasal dari bahan dasar asam linoleat (LA) dan asam alfa linoleat (ALA). LCPUFA juga berperan penting untuk perkembangan kognitif, ketajaman penglihatan, dan pertumbuhan otak bayi. Sebelum lahir bayi mendapat asam lemak esensial ini secara langsung melalui plasenta. Setelah lahir bayi memperoleh dari ASI dan dari sintesis precusor asam lemak esensial secara endogen. Ketika bayi mulai mendapat makanan padat, LPCUFA diperoleh dari ikan, telur, dan daging.

DHA berperan utnuk pembungkus saraf atau mielin, yang nantinya akan melancarkan pengantar perintah saraf yang nantinya akan melancarkan pengantaran perintah saraf.

Selain itu, tumbuh kembang janin juga dipengaruhi kurangnya hormon tiroid serta gangguan metabolisme (ketidakmampuan tubuh ibu dalam menyerap dan mengirimkan zat-zat makanan yang masuk ke plasenta). Kalau ini yang terjadi, perkembangan otak sikecil juga terganggu.

Merangsang dengan dongeng

Menurut pakar psikologi anak, Dr. Seto Mulyadi, saat anak menginjak usia balita, mendongeng bisa menjadi salah satu sarana yang cukup ampuh untuk berkomunikasi dengan mereka. Pada usia 26 minggu, janis sudah dapat membedakan sikap dan perasaan ibu. Selai itu, janin juga sudah bisa diajak berkomunikasi. Caranya? Anda dapat mengajaknya berbicara. Jadi, bukan saja perkembangan otak si kecil yang anda rangsang, melainkan juga dengan menjalin ikatan dengan si kecil.

Lingkungan yang baik dan nyaman penting bagi optimalnya pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Makanya gangguan psikis ketika hamil akan meningkatkan resiko janin untuk mengalami gangguan sistem kardiovaskuler (sistem peredaran darah), gangguan metabolisme, serta hambatan kognitif dikemudian hari. Selain itu, stress yang berhubungan dengan proses efektif dan rangsangan yang berhubungan dengan bagian otak janin, diduga dapat mempengaruhi perkembangan emosi anak di kemudian hari. Bahkan, stres yang terus menerus yang terjadi selama masa kehamilan akan menyebabkan berat badan lahir bayi menjadi rendah serta meningkatkan resiko si kecil mengalami gangguan emosi dab hambatan kognitif kelak.

Peningkatan hormon glukokortikoid, yakni hormon yang membantu metabolisme karbohidrat dalam tubuh yang timbul bila ibu stres diduga berpengaruh dalam pembentukan sistem saraf pusat janin. Stres juga diduga menghambat aliran oksigen ke janin.

Untuk mengatasi stres, olahraga merupakan pilihan yang tepat.

Sumber : Jelajah Iptek

Edited : Rudin lapandewa